Cara Membuat Tempat Pensil Dari Botol Bekas Dengan Resleting

Botol bekas merupakan botol yang sudah terpakai dan terkadang botol tersebut tidak dipakai lagi. Botol bekas biasanya kita buang ke tempat sampah dan terkadang kita simpan dalam karung kemudian setelah terkumpul banyak baru kita jual ke pengepul rongsok.
Cara Membuat Tempat Pensil Dari Botol Bekas Dengan Resleting
Cara Membuat Tempat Pensil Dari Botol Bekas Dengan Resleting
Namun dari rangkaian perjalanan botol bekas di atas. Tidak semuanya seperti itu, dan jika kita pandai mengolahnya tentu botol bekas dapat kita jadikan sebagai alat membuat kerajinan tangan yang kreatif seperti yang akan kita tulis yakni  cara membuat tempat pensil dari botol bekas. Lantas bagaimana caranya?

Berikut langkah-langkah membuat tempat pensil dari botol bekas

Alat dan bahan

Alat-alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat prakarya ini adalah:

2 Buah botol plastik bekas.
Resleting / zipper.
Potongan kain flanel.
Lem plastik / lem tembak
Cutter.
Spidol

Langkah-langkah pembuatan tempat pensil dari bekas dengan resleting

1. Pertama-tama, tandai bagian botol plastik yang hendak dipotong lalu potong botol dengan menggunakan cutter secara hati-hati.

Berhati-hatilah saat menggunakan cutter untuk memotong botol, pegang botol dengan posisi pisau tidak menghadap tangan anda.

Bagian botol yang digunakan dalam prakarya ini adalah bagian dasarnya. Tandai sesuai dengan ketinggian yang digunakan pada salah satu botol, lalu untuk botol lainnya tandai setinggi 1/4 atau 1/3 dari ketinggian potongan botol pertama.

Contohnya, jika anda hendak membuat tempat pensil, maka potong salah satu botol setinggi pensil, kemudian potong botol lainnya setinggi 1/4 dari ketinggian botol pertama. Seperti pada gambar berikut.

2. Kemudian potong resleting dengan panjang sesuai dengan keliling botol, lalu potong kain flanel dengan lebar 2 kali dari lebar resleting, lalu bungkuskan dan rekatkan pada ujung resleting untuk mencegah resleting lepas.

3. Rekatkan masing-masing sisi resleting pada masing-masing tepian botol. Gunakan lem plastik / lem tembak untuk merekatkannya namu jangan sampai mengenai jalur resleting karena dapat menyebabkan resleting macet. Beri ruang setidaknya setengah dari lebar resleting agar resleting mudah untuk di buka-tutup. Rekatkan seperti pada gambar berikut.

4. Tunggu sejenak hingga lem benar-benar mengeras, dan tempat pensil anda siap untuk digunakan.
Cara Membuat Tempat Pensil Dari Botol Bekas Dengan Resleting
Hasil kerajinan tempat pensil dari botol bekas 


Seperti yang sudah saya sebutkan pada awal tutorial, tidak terbatas pada pensil dan pena atau bolpoint saja, prakarya ini juga dapat anda fungsikan sebagai tempat menyimpan barang-barang kecil lainnya.

0 Response to "Cara Membuat Tempat Pensil Dari Botol Bekas Dengan Resleting "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel