Cara Membuat Bakso Sederhana Dengan Blender

Cara Membuat Bakso Sederhana Dengan Blender
Cara Membuat Bakso Sederhana Dengan Blender
Bakso merupakan makanan favorit setiap orang, tak heran jika kita sering melihat abang tukang bakso ditempat keramaian seperti pasar, terminal, depan toko dan tempat lainnya.

Jenis bakso yang terkenal di Indonesia banyak sekali seperti bakso malang, bakso solo, bakso ikan, bakso urat, bakso cuanki dan masih banyak lagi karena di tiap daerah memiliki nama berbeda - beda namun intinya sama yaitu bakso. Namun jika ingin lebih higienis dan ekonomis kita dapat membuat bakso sendiri di rumah dengan blender. Bagaimana caraya ?

Berikut cara membuat bakso sederhana dengan menggunakan blender 

Bahan-Bahan yang digunakan 

500 gr daging sapi
500 gr es batu, hancurkan
100 gr tepung sagu
2 sdm bawang putih goreng
2 sdm bawang merah goreng
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
kaldu bubuk, secukupnya
garam, secukupnya
air untuk merebus, secukupnya

Cara Membuat Bakso Sapi dengan Blender

Pertama Cincang daging sapi sehalus mungkin, pisahkan serat-serat putih yang biasa terdapat pada daging. Sisihkan.

Kedua Hancurkan es batu, masukkan kedalam blender. Blender es batu hingga cukup halus, jangan terlalu lama agar es batunya tidak keburu mencair.

Ketiga Masukkan daging sapi cincang. Blender sebentar-sebentar sambil sesekali diaduk menggunakan sendok saat blender dimatikan.

Keempat Masukkan bumbu-bumbu seperti bawang merah goreng, bawang putih goreng, pala dan lada bubuk, kaldu bubuk, garam, baking soda dan baking powder.

Kelima Blender lagi daging sapi hingga halus dan lumat. Seperti tadi ya, blender sebentar, matikan blender dan aduk menggunakan sendok, blender lagi, matikan dan aduk lagi. Seperti itu hingga daging lumat, karena kemampuan blender terbatas tidak seperti food processor.

Keenam Setelah daging sapi lumat, pindahkan ke wadah dan tambahkan tepung sagu. Aduk daging dan tepung hingga membentuk adonan yang merata.

Ketujuh Panaskan air dalam panci hingga mendidih, setelah itu kecilkan apinya.

Kedelapan Bentuklah adonan bakso menggunakan sendok menjadi bulatan-bulatan bakso, langsung cemplungkan kedalam air mendidih. Kerjakan hingga adonan bakso habis.

Kesembilan Selama membentuk adonan bakso, jangan lupa tengok bakso yang sudah masuk ke air mendidih. Jika sudah cukup keras apalagi sudah mengapung, segeralah angkat. Jika terlalu lama, maka bakso akan menjadi kurang kenyal.

Kesepuluh Tiriskan bakso yang sudah diangkat hingga cukup dingin.

Kesebelas Selanjutnya, untuk menyajikannya bakso dikukus atau direbus terlebih dahulu. Sajikan bakso sapi dengan kuah dan bahan pelengkap lainnya

Mudah bukan oke selamat mencoba dan semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Membuat Bakso Sederhana Dengan Blender"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel