Cara Tumbuhan Membuat Makanan

Tumbuhan hijau memiliki daun. Pada daun terdapat sel yang mengandung kloroplas yang disebut lapisan palisade. Di dalam kloroplas terdapat zat hijau yang disebut klorofil. Klorofil berperan pada proses pembuatan makanan yang berlangsung di daun. 

Selain klorofil untuk membuat makanan tumbuhan juga memerlukan karbondioksida, air, dan sinar matahari. Energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen. Proses ini kemudian dikenal dengan nama fotosintesis.

Ptoses fotositesis hanya berlangsung pada siang hari karena proses ini memerlukan cahaya matahari. Oksigen yang merupakan hasil fotosintesis dikeluarkan oleh tumbuhan melalui mulut daun ( stomata ) dan digunakan oleh manusia dan hewan pada proses pernpasan.

Hasil fotosinteses lainnya, yaitu glukosa. Glukosa itu sendiri merupakan zat makanan yang akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh tapis. Pada tumbuhan, glukosa ini digunakan untuk tumbuh, berkembang biak, dan sebagian disimpan sebagai timbunan makanan

0 Response to "Cara Tumbuhan Membuat Makanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel