Cara Budidya Magot BSF Bagi Pemula

Cara Budidya Magot BSF Bagi Pemula
Cara Budidya Magot BSF Bagi Pemula

Pengertian Magot

Magot merupakan hewan berjenis lalat yang bentuknya hampir mirip seperti tawon, dengan begitu ukuran magot lebih besar dari ukuran lalat pada umumnya. Magot memiliki panjang berukuran 15-20 mm dan berwarna hitam. Sementara untuk metamorfosis dari magot sama seperti lalat pada umumnya yaitu telur, larva, prepuva, pupa dan bsf. Hidupnya cukup singkat berkisar 40-44 hari saja.

Cara Beternak Magot BSF

1. Kandang Tempat Magot Bertelur

Hal yang pertama kali ketika hendak budidaya mogot yaitu dengan mempersiapkan kandang, karena jika tidak ada kandang maka magot tidak akan bisa kita budidayakan. Pada umumnya ukuran untuk kadang magot yaitu pajang 4 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 3 meter, perlu diingat ya ukuran ini untuk skala kecil dan untuk skala besarnya kita bisa membuat kandang lebih besar atau bisa juga membuat kandang skala kecil secukupnya.

2. Bibit Magot

Setelah kita mempersiapkan kandang langkah selanjutnya kita mencari bibit magot yang memiliki kwalitas baik. Untuk bibit magot sendiri kita bisa membeli pada pembudidaya magot dan bisa juga kita mencari magot di alam bebas, namun untuk mencari di alam bebas tentunya tidak mudah untuk mendapatkannya ya teman-teman.

3. Media Penetasan

Setelah kandang dan bibit magot telah kita buat dan kita siapkan langkah selanjutnya yaitu kita siapkan media penetasan. Media penetasan pada umumnya berupa box-box kecil, fungsi media ini yaitu agar para magot dapat bertelur. Usahakan untuk media penetasan tertata dengan rapih.

4. Pemberian Pakan Magot 

Pemberian pakan sangat penting untuk budidaya magot, pemberian pakan yang rutin akan menghasilkan magot yang sehat. Makanan magot pada umumnya berupa limbah sayuran atau buah-buahan sehingga ketika kita sedang melakukan budidaya magot setiap hari kita harus mencari limbah sayuran dan buah-buahan.

Info Magot BSF

Magot pada umumnya akan menjadi lalat dewasa sekitar 40-43 hari tergantung kondisi lingkungan dan pakan magot. Magot yang sudah bisa dipanen bisa kita berikan untuk pakan jenis beberapa unggas maupun ikan. Sementara untuk harga magot berkisar Rp.6.000,- - Rp.8.000,- per kg.

0 Response to "Cara Budidya Magot BSF Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel