Cara Membuat Boneka Sangat Sederhana

Membuat boneka merupakan kegiatan yang menye nangkan dan tidak memerlukan biaya mahal. Kain perca dan bahan-bahan tidak terpakai seperti botol, kardus, kelobot jagung, benang wol, dan cangkang telur dapat dibuat menjadi bone ka cantik

Berikut langkah-langkah membuat boneka

1. Membuat Rancangan Boneka

Rancangan boneka berupa sketsa bentuk boneka yang akan dibuat. Akan lebih baik lagi jika sketsa boneka disertai ke te - ra ngan jenis-jenis bahan yang akan digunakan seperti contoh berikut.
Cara Membuat Boneka Sangat Sederhana
Cara Membuat Boneka Sangat Sederhana

2. Membuat Boneka Sesuai Rancangan

a. Siapkan bahan dan alat. Bahan dan alat yang kamu butuhkan yaitu kain polos, kain perca bermotif, renda, pita, jarum, dan benang jahit, benang wol, gulungan kertas karton, lem, cangkang telur, gulungan kertas manila, dan gunting.

b. Gunting-guntinglah benang wol. Panjang dan banyaknya sesuai keinginanmu. Jadikan satu guntingan-guntingan benang wol tersebut. Ikat tepat di bagian tengahnya. Siapkan juga cangkang telur yang telah dibuang isinya. Olesi bagian atasnya dengan lem. Rekatkan benang wol pada cangkang telur. Bagilah rambut boneka menjadi dua kemudian ikat dengan pita. Selanjutnya, lukislah wajah pada permukaan cangkang dengan spidol.
Cara Membuat Boneka Sangat Sederhana
Cara Membuat Boneka Sangat Sederhana
c. Buatlah gulungan kertas berbentuk kerucut terpotong dengan tinggi 20 cm. Sediakan juga tiga potong kain putih polos yang masing-masing berukuran 20 cm × 20 cm. Buatlah lubang pada ketiga potong kain tersebut tepat di tengah-tengahnya.
Cara Membuat Boneka Sangat Sederhana
Cara Membuat Boneka Sangat Sederhana
d. Masukkan ketiga potong kain yang telah diberi lubang tersebut pada tabung kertas secara bersusun. Rapikan su su nannya kemudian jahitlah sekelilingnya untuk mempertahankan bentuk gaun.

e. Ambil kain dengan jenis bahan atau corak yang berbeda. Lilitkan kain tersebut tepat pada bagian tabung yang belum terli lit kain. Usahakan lilitannya dapat membentuk baju. Rapikan lilitannya, kemudian jahitlah. Untuk mempercantik gaun boneka, kamu boleh menambahkan renda atau pita.
Cara Membuat Boneka Sangat Sederhana
Cara Membuat Boneka Sangat Sederhana
f. Buatlah tabung kecil dengan panjang 24 cm dan diameter ± 0,75 cm. Masukkan tabung tersebut ke dalam lubang bagian bawah kepala boneka. Masukkan dengan hatihati. Rekat kan tabung kertas tersebut pada dinding tabung kar ton yang menjadi badan boneka. Gunakan lem atau selotif.

g. Langkah selanjutnya membuat tangan boneka. Siapkan kertas manila dan kain dengan jenis bahan atau corak yang sama de ngan jenis kain untuk baju. Buatlah gambar tangan dengan ukur an menyesuaikan boneka. Bungkuslah bentuk tangan dengan kain sehingga mem bentuk lengan baju panjang. Jahitlah dengan rapi. Jahitkan tangan pada sisi samping boneka. Boneka yang telah jadi dapat digunakan sebagai hiasan meja.

0 Response to "Cara Membuat Boneka Sangat Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel